Feeds:
Pos
Komentar

INTRODUCTION TO PLANNING

Planning_hover_popup

Sebelum mengenal ‘dunia perencanaan’ saya benar-benar awam dengannya. Secara basic dan back ground pendidikan saya adalah Agriculture Technical Engineering spesifik Tekhnologi-pengolahan Hasil Pertanian (THP). That’s notabene teramat sangat teknis. Berkat pengalaman tugas di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) ketika itu, saya mulai tertarik dengan yang namanya ‘perencanaan’ dan saudara-saudaranya.  Dengan bekal pengalaman serta ketertarikan tersebut saya mencoba peruntungan untuk mengenal ‘perencanaan’ lebih jauh dengan apply scholarship (secara biayanya relatif mahal, jadi it’s immposible kalau bayar sendiri) ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), bosnya perencanaan skala nasional di Republik ini. Alhamdulillah saya diperkenankan mencari tau tentang ‘perencanaan itu’ di salah satu tempat belajar terbaik di negeri ini. Thank’s God.

Berkenaan dengan judul diatas, Intoduction to Planning merupakan resume yang saya sadur dari buku yang berjudul An Introduction to Development Planning in the Third World, merupakan salah satu judul buku yang direkomendasikan untuk dibaca dan dipahami bagi mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota sebelum berkenalan lebih jauh dengan perencanaan.  Honestly, saya sangat terbantu dengan buku ini. Walau sebenarnya banyak juga buku bagus lainnya namun menurut saya, buku yang di tulis Diana Conyers dan Peter Hills  ini cukup mudah dipahami meski bagi orang yang awam dengan perencanaan sekalipun. Bahasa yang digunakan cukup lugas dan penggunaan istilah juga relatif umum dan mudah dipahami. Jadi tak salah kiranya buku ini dijadikan sebagai well recomended bagi yang ingin menyelami all about planning lebih dalam.

Resume inti dalam buku ini pada awalnya ditujukan sebagai bahan persiapan UTS kala itu, namun setelah saya baca ulang ternyata bagus juga untuk dibagikan ke khalayak umum. Setidaknya bagi aparatur pemerintah yang ditugaskan pada bagian penyusunan rencana, resume ini dapat dijadikan sebagai landasan berfikir dalam menyusun rencana untuk setiap aktifitas pemerintahan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing. Jadi semua pihak yang terlibat dalam menyusun ‘perencanaan’ dapat berpijak pada pemahaman yang sama  khususnya  dalam lingkup penyelenggaraan pemerintahan.

So…, ini dia liputannya, eh resumenya.

 

       I.            PENGERTIAN PERENCANAAN

Planning as a continuous process which involves decisions, or choices, about alternative ways of using available resources, with the aim of achieving  particular goals at some time in the future.

(Perencanaan merupakan suatu proses yang berkelanjutan, termasuk pengambilan keputusan, penentuan pilihan dari berbagai alternatif pemanfaatan sumber daya yang tersedia dengan maksud untuk mencapai tujuan di masa yang akan datang).

  • Perencanaan merupakan sebuah proses →bersifat cyclic
  • Perencanaan melibatkan pengambilan keputusan
  • Perencanaan merupakan pemilihan alternatif
  • Perencanaan mengenai pemanfaatan sumber daya
  • Perencanaan untuk masa depan

 

    II.            ELEMEN PERENCANAAN

  • To plan means to choose

Merencanakan berarti memilih, ada dua jenis pilihan dalam perencanaan:

  1. Perencanaan merupakan pemilihan prioritas. Tidak mungkin untuk memenuhi semua kebutuhan setiap individu dalam waktu bersamaan. Perencanaan dibutuhkan untuk menetapkan prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai.
  2. Perencanaan merupakan pemilihan alternatif. Untuk mencapai tujuan ada banyak alternatif yang bisa ditempuh. Perencanaan berperan memilih alternatif yang paling tepat dan efektif untuk mencapai tujuan.
  • Planning as a means of allocating resources

Perencanaan berhubungan dengan pengagihan sumber daya. Sumber daya penting untuk mencapai tujuan. Sumber daya bisa berupa SDM, SDA, modal, anggaran, dll, yang bisa dilihat dari perspektif yang berbeda-beda tergantung konteks perencanaan yang akan dilakukan. Perencanaan dibutuhkan untuk mengoptimalkan pengalokasian sumber daya yang terbatas.

  • Planning as a means of achieving goals

Perencanaan merupakan usaha untuk mencapai tujuan. Perencanaan dalam mencapai tujuan mencakup dua hal:

  1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
  2. Proses memformulasikan tujuan

Permasalahan yang biasa dihadapi perencana pada tahap ini:

  1. Tujuan yang tidak terdefinisi dengan jelas
  2. Tujuan yang tidak realistis
  3. Tujuan yang saling bertentangan satu sama lain
  4. Tujuan yang tidak bermakna/tidak penting
  5. Tujuan yang bertentangan dengan kebutuhan masyarakat banyak/kepentingan umum.

Apa yang harus dilakukan perencana?

  1. Membuat perencanaan sebaik mungkin dimulai gambaran tujuan yang diberikan (walaupun masih kabur) dengan berjalannya waktu diharapakan tujuan yang akan dicapai menjadi semakin jelas. Pendekatan seperti ini dalam perencanaan disebut juga dengan ‘incremental planning’ dengan membuat rencana per-bagian terlebih dahulu.
  2. Perencana bisa memformulasikan sendiri tujuan perencanaan, namun permasalahannya perencana akan berhadapan dengan pihak yang berwenang dalam menetapkan tujuan seperti politisi.
  3. Tidak melakukan apapun sampai didapatkan gambaran tujuan yang jelas dari perencanaan yang akan dibuat.
  • Planning is for the future

Perencanaan untuk masa depan yang melibatkan dua hal:

1)   Peramalan/prediksi

Perencanaan meramalkan apa yang akan terjadi dimasa depan, memprediksikan hasil dari pilihan alternative sehingga bisa diputuskan apa yang harus dilakukan. Peramalan/prediksi menggunakan teknik-teknik tertentu.

2)   Penjadwalan aktifitas di masa depan

Perencanaan tidak hanya berkaitan dengan memutuskan apa yang harus dilakukan tapi juga urutan langkah-langkah yang sesuai untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

 III.            TIPE AKTIFITAS PERENCANAAN

  • Jenis Tujuan Perencanaan
  1. war-timeplanning: perencanaan untuk kondisi darurat, misalnya bencana alam
  2. Perencanaan Wilayah dan Kota: rencana tata guna lahan, rencana fisik, urban and regional planning.
  3. Anticyclical planning: perencanaan yang dibuat untuk menjaga stabilitas ekonomi
  4. Perencanaan Pembangunan: meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi.
  • Cakupan aktifitas perencanaan

–       Berdasarkan disiplin ilmu/profesi: perencanaan sosial-ekonomi, perencanaan sumber daya alam , architectural and    engineering planning.

–       Berdasarkan sektors: perencanaan pertanian, industri, transportasi, pendidikan.

  • Level spasial aktifitas perencanaan

–       Internasional, nasional, regional, lokal.

  • Level operasional aktifitas perencanaan

–       Project planning

Perencanaan yang berhubungan dengan lokasi geografi yang spesifik, berbentuk objek fisik seperti dam, jalan, sekolah, rumah sakit, perumahan, dll.

–       Sectoral planning

Perencanaan yang berhubungan dengan sektor tertentu dari perencanaan pembangunan suatu negara, biasanya dikaitkan dengan divisi atau bagian dari kementerian, departemen ataupun unit organisasi lainnya, seperti sector pertanian, pendidikan, transportasi, dll.

–       Integreted area planning

Melibatkan seluruh sektor dan tipe aktifitas dalam suatu area geografis tertentu. Perencanaan multi sektoral ini bisa diterapkan pada suatu daerah tertentu dengan masalah khusus maupun pada suatu daerah yang dianggap potensial, atau seluruh area secara simultan.

 

 Planning, planners and plans

Kegiatan perencanaan (planning) dilakukan oleh perencana professional (planner) yang menghasilkan rencana (plans), baik dalam bentuk dokumen perencanaan maupun bentuk lainnya (struktur bagan organisasi, anggaran, instruksi untuk melakukan tugas-tugas tertentu, dll).

Perencanaan adalah proses menghasilkan rencana. Interprestasi yang sering menimbulkan miskonsepsi;

  1. Rencana bukanlah tujuan dari perencanaan. Perencanaan punya tujuan yang spesifik, di mana pencapaiannya dilakukan berdasarkan garisan/petunjuk dalam dokumen perencanaan/rencana.
  2. Dokumen perencanaan tidak harus selalu berbentuk blueprint tindakan yang harus dilakukan di masa depan. Perencanaan bisa berwujud kebijakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam perencanaan.

Planning, policy-making and implementation

Proses perencanaan melibatkan berbagai aktifitas dalam berbagai level spasial dan operasional. Dalam proses implementasinya, perencanaan juga berhubungan dengan aktifitas lainnya. Hubungan ketiga bentuk kegiatan diatas, dapat diartikan sebagai;

  1. Perencanaan merupakan serangkaian kegiatan yang dimulai dengan membuat peraturan, perencanaan dan pelaksanaan.
  2. Ketiga kegiatan mempunyai penanggung jawab yang berbeda-beda, policy making oleh politician, planning oleh planner, implementasi oleh administrator/pemerintah.
GambarInnalillahi wa inna illaihi raji’un
Telah berpulang dengan indah
pada kasih sayang ALLAH
papa kami tercinta

H. Taslim Dt. Majo Labiah
pada Hari Rabu 2 Januari 2013
pukul 18.15 WIB
di RS. Madina Kota Bukittinggi

Dikebumikan pada Hari Kamis
3 Januari 2013 Ba’da Dzhuhur
di Bukik Pauh Kabun Pulasan
Kota Bukittinggi

Papa dilahirkan pada tanggal 4 Mei 1937
di Pintu Kabun Kota Bukittinggi
dari Ibu Maryamah dan Ayah Rusad
Suku Sikumbang Nagari Mandiangin
Kurai V Jorong

Selama 74 tahun perjalanan hidupnya
papa telah tinggal, bekerja dan berkunjung
ke berbagai tempat di penjuru negeri
untuk itu pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan
dari lubuk hati yang paling dalam dengan penuh ketulusan
permintaan maaf kepada semua pihak;
kerabat dan sahabat, rekan dan teman, seluruh handai taulan
buat papa atas segala salah dan khilaf selama hidup beliau
Semoga ketulusan ini dapat meringankan dan
memudahkan perjalanan papa selanjutnya

Kami juga ingin menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya
atas bantuan penyelenggaraan papa, yang telah mengantarkan papa sampai ke tempat peristirahatan terakhir beliau
Terimaksih untuk bait-bait do’a berhiaskan untaian-untaian cinta
rangkaian bunga dan ucapan bela sungkawa
Semoga ALLAH membalas dengan yang lebih indah untuk semuanya

Terimakasih papa…
Everything good in me, I got from you
You the one who shape my personality
Being your daughter is one of greatest blessing in my life
Selaksa cinta buat papa

Tuhan sayangi papa seperti papa menyayangi aku…
even more…
Kan selalu kurimkan bait- bait do’a untuk papa
berjuta-juta…buat papa
semoga papa dilapangkan dan dimudahkan
I love you papa
Semoga kelak kita dikumpulkan bersama
di tempat yang indah, di sisiNya
dengan RahmatNya dalam kasih sayangNya

Selamat jalan papa…

Terimakasih Tuhan untuk semuanya… atas segalanya
Alhamdulillahirrabbil’alamin…

Ada kalanya kita merasa resah dan gelisah tanpa sebab.  Kondisi ini dapat menurunkan gairah, melemahkan semangat karena galau nggak jelas yang populer juga dengan sebutan “Bad Mood”.  Perasaan tak menentu ini otomatis akan berdampak pada penurunan produktivitas. Keadaan seperti ini dianggap normal dalam frekuensi tertentu. Walaupun rasa ini tidak dapat dihindarkan, namun kita dapat menetralisirnya sehingga tidak menimbulkan dampak yang terlalu buruk untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Berbagai cara dapat dilakukan untuk berdamai dengan “Bad-Mood” antara lain dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.  Cara kerjanya adalah nutrisi atau zat-zat tertentu yang terkandung dalam makanan tersebut akan membantu tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan agar kita dapat menjadi lebih tenang apapun situasi yang akan dihadapi.

1.    Coklat untuk stress
Stress biasa terjadi dalam situasi tertentu seperti beban pekerjaan, dikejar date-line, tekanan atasan dan sistuasi lainnya yang berpeluang memberikan tekanan mental berlebihan dari kondisi normal yang biasa kita hadapi sehari-hari. Tekanan berlebih inilah yang membuat kita tertekan atau diistilahkan juga dengan “stress”. Pada situasi ini suasana hati bisa didamaikan dengan sebatang coklat. Para ahli menemukan bahwa coklat, khususnya coklat hitam (dark chocolate), mampu meredakan hormon yang bertanggung jawab menyebabkan stress dalam tubuh. Dari hasil penelitian terbaru di Switzerland, ditemukan bahwa polifenol dalam 1.4 ounce dark chocolate mampu menurunkan cortisol dan catecholamines, (hormon penyebab stress) sehingga akan menghilangkan rasa gelisah.

2.    Sayuran hijau saat kurang semangat, tidak bergairah dan mengantuk
Kopi biasa menjadi andalan pada saat sulit berkonsentrasi, kurang bersemangat atau mengantuk. Namun sering mengkonsumsi kopi akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan.  Jadi jangan cepat-cepat mencari kopi jika anda merasa kesulitan untuk menjaga mata agar tetap terbuka. Cobalah sayuran hijau seperti bayam yang telah terbukti lebih aman dan menyehatkan dibandingkan dengan kopi. Menurut penelitian Joanna Dolgoff, MD, kandungan asam folat dalam sayuran hijau bisa mendamaikan agresi homosistein yang kerap mengganggu suplai nutrisi dan oksigen menuju otak. Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, kentang, roti, sereal gandum,  kacang-kacangan dan jamur juga kaya akan asam folat, jadi pastikan mereka yang menjadi cemilan sehat anda saat kurang semangat dan mengantuk.

3.    Apel dan selai kacang kalau sedang mudah tersinggung
Adakalanya kita sangat mudah tersinggung dan merasa terjebak dalam situasi yang buruk.  Kondisi ini bisa merupakan salah satu tanda bahwa tubuh anda membutuhkan suplai energi. Pastikan tubuh anda mendapatkan energi dari makanan yang tepat, hindari karbohidrat sederhana seperti gula yang hanya akan menyebabkan lonjakan gula darah anda.  Menurut Dulgoff, konsumsilah makanan dengan kombinasi kandungan karbohidrat kompleks, protein dan lemak. Tambahan protein dan sedikit lemak akan menyebabkan kadar gula darah menjadi lebih stabil. Salah satu kombinasi makanan yang tepat untuk mendamaikan kondisi ini adalah apel dan selai kacang.  Apel merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang sehat dan selai kacang dikenal karena kandungan asam lemaknya yang baik.

4.    Burger salmon kalau sedang gelisah dan khawatir
Saat sedang gelisah dan khawatir, bicaralah pada seorang teman atau sahabat yang tepat dan terpercaya.  Disamping itu bantu damaikan hati anda dengan memilih makan yang juga tepat untuk mereduksi rasa khawatir dari dalam diri anda. Dalam situasi ini yang anda butuhkan adalah omega-3 yang salah satunya banyak terdapat dalam salmon. Stephen Ilardi, PhD, author of The Depression Cure mengatakan bahwa omega-3 sangat berperan dalam penanganan depresi klinik terutama yang berwujud kegelisahan dan rasa khawatir.  Sumber omega-3 terbaik dan terlengkap dapat ditemukan pada ikan-ikan yang hidup di perairan laut dalam seperti salmon, hering, tuna, mackerel dan sarden.

5.    Teh hijau kalau lagi marah
Jacob Teitelbaum, MD, seorang peneliti dan ahli nutrisi menyebutkan bahwa kandungan thearin dalam teh hijau bisa menenangkan serta menentramkan perasaan dan juga dapat membantu meningkan konsentrasi. Berbeda dengan kopi, kandungan kafein dalam teh hijau diyakini lebih lebih bersahabat, tidak memacu kerja jantung sehingga bisa menjadi juru damai ketika anda sedang marah karena sensasi tenang yang dihadirkannya.

6.    Sereal gandum utuh dan susu rendah lemak kalau lagi sedih
Kesedihan bisa disebabkan oleh hubungan personal yang bermasalah, lingkungan kerja yang tidak kondusif  atau masalah lainnya yang dapat diperburuk oleh devisiensi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D punya banyak fungsi, diantaranya adalah untuk memproduksi serotonin.  Serotonin merupakan neurotransmitter yang dikenal juga sebagai hormon yang bertanggung jawab terhadap perasaan baik  “feel-good hormone” yang membuat anda merasa tenang, nyaman, rileks dan bahagia. Vitamin D bisa didapatkan pada susu rendah lemak, sereal dan juga jamur. Jadi menyantap sereal gandum utuh dengan ditemani susu rendah lemak dapat mendamaikan kesedihan anda. Lebih lanjut Dr. Dolgoff menyarankan kalau anda benar-benar devisiensi vitamin D, sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dalam diet anda.

7.    Kalau lagi kedatangan tamu (khusus wanita): Sandwich telur plus salad
Sehari belum datang bulan, biasanya keinginan mengkonsumsi karbohidrat pada wanita cenderung akan meningkat. Seperti kangen es krim atau pengen banget ngemil keripik kentang. Namun sangat disarankan menggantinya dengan sandich isi telur dan salad. Menurut Stella Metsovas, BS, CN, seorang ahli ntrisi di Laguna Beach, California, Karbohidrat akan membantu meningkatkan serotonin dalam tubuh yang berfungsi menghadirkan rasa nyaman. Namun hindari gula berlebih dan karbohidarat dengan lemak tinggi seperti donat dan keripik. Yang mana jenis makanan ini akan mengubah para wanita yang biasanya manis menjadi cenderung pemarah dan galak, lanjut Sabrina. Hal ini disebabkan mekanisme cerna karbohidrat jenis ini relatif lebih cepat sehingga akan meningkatkan gula darah secara drastis kemudian drop dengan tiba-tiba pula. Untuk itu sebagia gantinya pilihlah whole grain, seperti roti gandum utuh.  Untuk melengkapinya sandingkan dengan protein yang kaya akan triphtophan seperti telur, biji bunga matahari atau daging kalkun yang akan mempercepat pelepasan serotonin (feel-good hormone). Jadi…, sandwich telur plus salad adalah pilihan yang tepat untuk mendamaikan mood saat datang bulan.