Feeds:
Pos
Komentar

Mendamaikan “Bad Mood” dengan makanan yang tepat

Ada kalanya kita merasa resah dan gelisah tanpa sebab.  Kondisi ini dapat menurunkan gairah, melemahkan semangat karena galau nggak jelas yang populer juga dengan sebutan “Bad Mood”.  Perasaan tak menentu ini otomatis akan berdampak pada penurunan produktivitas. Keadaan seperti ini dianggap normal dalam frekuensi tertentu. Walaupun rasa ini tidak dapat dihindarkan, namun kita dapat menetralisirnya sehingga tidak menimbulkan dampak yang terlalu buruk untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Berbagai cara dapat dilakukan untuk berdamai dengan “Bad-Mood” antara lain dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.  Cara kerjanya adalah nutrisi atau zat-zat tertentu yang terkandung dalam makanan tersebut akan membantu tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan agar kita dapat menjadi lebih tenang apapun situasi yang akan dihadapi.

1.    Coklat untuk stress
Stress biasa terjadi dalam situasi tertentu seperti beban pekerjaan, dikejar date-line, tekanan atasan dan sistuasi lainnya yang berpeluang memberikan tekanan mental berlebihan dari kondisi normal yang biasa kita hadapi sehari-hari. Tekanan berlebih inilah yang membuat kita tertekan atau diistilahkan juga dengan “stress”. Pada situasi ini suasana hati bisa didamaikan dengan sebatang coklat. Para ahli menemukan bahwa coklat, khususnya coklat hitam (dark chocolate), mampu meredakan hormon yang bertanggung jawab menyebabkan stress dalam tubuh. Dari hasil penelitian terbaru di Switzerland, ditemukan bahwa polifenol dalam 1.4 ounce dark chocolate mampu menurunkan cortisol dan catecholamines, (hormon penyebab stress) sehingga akan menghilangkan rasa gelisah.

2.    Sayuran hijau saat kurang semangat, tidak bergairah dan mengantuk
Kopi biasa menjadi andalan pada saat sulit berkonsentrasi, kurang bersemangat atau mengantuk. Namun sering mengkonsumsi kopi akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan.  Jadi jangan cepat-cepat mencari kopi jika anda merasa kesulitan untuk menjaga mata agar tetap terbuka. Cobalah sayuran hijau seperti bayam yang telah terbukti lebih aman dan menyehatkan dibandingkan dengan kopi. Menurut penelitian Joanna Dolgoff, MD, kandungan asam folat dalam sayuran hijau bisa mendamaikan agresi homosistein yang kerap mengganggu suplai nutrisi dan oksigen menuju otak. Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, kentang, roti, sereal gandum,  kacang-kacangan dan jamur juga kaya akan asam folat, jadi pastikan mereka yang menjadi cemilan sehat anda saat kurang semangat dan mengantuk.

3.    Apel dan selai kacang kalau sedang mudah tersinggung
Adakalanya kita sangat mudah tersinggung dan merasa terjebak dalam situasi yang buruk.  Kondisi ini bisa merupakan salah satu tanda bahwa tubuh anda membutuhkan suplai energi. Pastikan tubuh anda mendapatkan energi dari makanan yang tepat, hindari karbohidrat sederhana seperti gula yang hanya akan menyebabkan lonjakan gula darah anda.  Menurut Dulgoff, konsumsilah makanan dengan kombinasi kandungan karbohidrat kompleks, protein dan lemak. Tambahan protein dan sedikit lemak akan menyebabkan kadar gula darah menjadi lebih stabil. Salah satu kombinasi makanan yang tepat untuk mendamaikan kondisi ini adalah apel dan selai kacang.  Apel merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang sehat dan selai kacang dikenal karena kandungan asam lemaknya yang baik.

4.    Burger salmon kalau sedang gelisah dan khawatir
Saat sedang gelisah dan khawatir, bicaralah pada seorang teman atau sahabat yang tepat dan terpercaya.  Disamping itu bantu damaikan hati anda dengan memilih makan yang juga tepat untuk mereduksi rasa khawatir dari dalam diri anda. Dalam situasi ini yang anda butuhkan adalah omega-3 yang salah satunya banyak terdapat dalam salmon. Stephen Ilardi, PhD, author of The Depression Cure mengatakan bahwa omega-3 sangat berperan dalam penanganan depresi klinik terutama yang berwujud kegelisahan dan rasa khawatir.  Sumber omega-3 terbaik dan terlengkap dapat ditemukan pada ikan-ikan yang hidup di perairan laut dalam seperti salmon, hering, tuna, mackerel dan sarden.

5.    Teh hijau kalau lagi marah
Jacob Teitelbaum, MD, seorang peneliti dan ahli nutrisi menyebutkan bahwa kandungan thearin dalam teh hijau bisa menenangkan serta menentramkan perasaan dan juga dapat membantu meningkan konsentrasi. Berbeda dengan kopi, kandungan kafein dalam teh hijau diyakini lebih lebih bersahabat, tidak memacu kerja jantung sehingga bisa menjadi juru damai ketika anda sedang marah karena sensasi tenang yang dihadirkannya.

6.    Sereal gandum utuh dan susu rendah lemak kalau lagi sedih
Kesedihan bisa disebabkan oleh hubungan personal yang bermasalah, lingkungan kerja yang tidak kondusif  atau masalah lainnya yang dapat diperburuk oleh devisiensi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D punya banyak fungsi, diantaranya adalah untuk memproduksi serotonin.  Serotonin merupakan neurotransmitter yang dikenal juga sebagai hormon yang bertanggung jawab terhadap perasaan baik  “feel-good hormone” yang membuat anda merasa tenang, nyaman, rileks dan bahagia. Vitamin D bisa didapatkan pada susu rendah lemak, sereal dan juga jamur. Jadi menyantap sereal gandum utuh dengan ditemani susu rendah lemak dapat mendamaikan kesedihan anda. Lebih lanjut Dr. Dolgoff menyarankan kalau anda benar-benar devisiensi vitamin D, sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dalam diet anda.